November 17, 2012

Liburan Singkat di Puncak Gunung Bromo

Gunung Bromo, salah satu spot favorit wisata di Jawa Timur. Dan juga, salah satu spot foto favorit para landscaper. Karena alasan itu, maka Bromo jadi salah satu target liburan saya. Dan alhamdulillah, kemaren saya dapet kesempatan buat ke sana.

Bromo terletak di daerah Probolinggo, sekitar 2 - 3 jam perjalanan dengan bis kalau dari Surabaya. Cuma karena kemaren dari Surabaya ke Malang dulu, jadi agak makan waktu sih. Berangkat dari Terminal Purabaya Surabaya sekitar jam 1 siang, kami akhirnya sampai di terminal Probolinggo sekitar jam setengah 6 sore. Yups, kesorean.

Untuk bisa ke daerah Bromo, kalo gak salah namanya daerah Cemoro Lawang, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam naek colt. Angkutan umum yang ternyata cuma rame di siang hari. Kalo udah sore gitu, apalagi malem, maka bakal sulit banget. Mereka cuma mau berangkat dengan penumpang 15 orang, sedangkan kami cuma berlima. Terpaksa lah kami sewa tu mobil buat anterin ke atas.

Pengunjung Bromo pagi itu, Rame Abis
Di atas, kami sudah menyewa satu kamar di villa Yog, yang dijaga sama Pak Adi. Beliau ini lah yang selalu ngasih penunjuk jalan. Jadi kami gak nyasar - nyasar amat. Dari beliau juga, kami dapat petunjuk untuk sewa motor. Lebih bebas katanya.

Satu hal yang perlu kamu tau kalau mau minep di Bromo, bawa perlengkapan baju dingin yang selengkap lengkapnya. Sarung tangan, masker, topi rajut dan syal kalo perlu. Asli dinginnya mantep abis. Mesen kopi panas, gak sampe setengah jam juga udah jadi kopi dingin dah.

Debunya sadis dah
Lanjut besok subuh jam 3 pagi, kami udah dibangunin Pak Adi untuk bersiap - siap melihat sunrise di Pananjakan. Sayang, karena kurang pengalaman dan gak tau spot, kami dapet posisi yang kurang cucok buat moto. Ditambah pagi itu agak kurang cerah, jadi ya kurang maksimal lah.

Dari puncak Pananjakan, kami dibawa ke kaki kawah bromo. Disitu lanjut lagi perjalanan menaiki tangga menuju puncak Kawah Bromo. Beneran deh, yang namanya fisik diuji banget. Selain medan yang berat, debu yang berterbangan bener-bener sadis. Kalo mo kesini, beneran disaranin untuk bawa masker, yang bagus sekalian.
Kaki Kawah Bromo, Going to the Top
Puncak Kawah Gunung Bromo
Dari kawah bromo, kami lanjut lagi ke Savana. Ngelewatin hamparan padang pasir, yang dikenal dengan nama Pasir Berbisik. Dan yang namanya bawa motor lewat situ ituh, ngetes nyali dan skill abis. Laen kali saya prefer sewa jip aja deh, atau minimal motor khusus buat padang pasir. Kayaknya lebih asik.

Di Savana, jadi ajang narsis dan becanda. Tempat yang luas dan tenang, udah ngebuat pengunjung kayak jadi anak kelinci yang dibawa ke padang rumput. Lelarian kesana sini.
Ciaaaaatttt :D
Selepas dari Savana, kami akhirnya pulang ke penginapan dan sampai sekitar jam 10an pagi. Capek, pegel dan kotor bener - bener kami rasain. Tapi dibalik itu, kami bener - bener puas dengan trip kali ini. Meski gitu, saya tetep kepengen suatu saat balik lagi ke Bromo. Mungkin nanti kalau udah musim kemarau, kalau sekarang lagi pancaroba mau musim ujan, Bromo cenderung berawan dan berkabut.

1 comment:

1. ah, sial...kenapa gw juga ketinggalan kamera..ga bisa ikutan pamer ni...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...