May 3, 2012

Memasang Kipas Elektrik / Electric Fan Untuk Mobil Jadul

mengatasi mesin mobil sering panas overheat
Seperti yang saya pernah ceritakan sebelumnya, memiliki mobil lawas membuat saya mau tak mau harus mengerti sedikit soal mesin mobil (baca : Tips Beli Mobil Lawas). Mulai dari ngobrol sama montir, tukar pikiran di komunitas mobil, sampe cari info di Internet. Dan dari kemauan untuk tahu tersebut, saya akhirnya tau beberapa masalah umum mobil jadul, khususnya untuk Corolla DX.

Salah satu masalah yang paling sering dialami Corolla DX, dan beberapa mobil lawas lainnya, adalah mesin mobil gampang panas. Apalagi kalau lagi macet parah, wah beneran suhu mesin bisa sampe setengah, meskipun air radiator dalam kondisi penuh. Awal - awal piara DX, saya malah sempat mogok total, karena overheat itu.

Setelah muter kemana - kemana, penyakit ini ternyata sudah umum untuk mobil lawas, khususnya mobil yang masih menggunakan putaran mesin untuk mekanisme mendinginkan radiator. Secara awam saya, mobil dengan mesin begini contohnya adalah Kijang, Corolla DX, Katana, dan mungkin beberapa mobil lain. Kalau saya tidak salah, nama kipas begini ini Visco Fan. (kalau salah tolong dibenerin ya)

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah overheat, atau mesin mobil yang gampang panas ini. Mulai dari mengganti kipas radiator yang lebih besar, mendekatkan posisi kipas ke radiator, bahkan sampai menggeser radiator mendekati kipas. Tapi yang paling populer adalah dengan mengganti Visco Fan tersebut dengan Electric Fan. Putaran yang lebih cepat pada Electric Fan, dan jarak yang diatur lebih dekat dengan radiator, akan membuat pendinginan radiator lebih efisien, sehingga akan membuat mesin lebih adem.
kipas elektrik pada mesin mobil kijang
Kipas elektrik pada mesin kijang - TangoMotor
Secara tekhnis, jujur saya belum pasang. Ini masih dalam proses nego sama penjual (hehehe...). Tapi dari yang saya baca, elektric fan dipasang pada radiator. Untuk kelistrikan, seperti biasa dihubungkan dengan relay dan accu. Sementara untuk sistem on/off, dihubungkan dengan thermoswitch + adapter yang disematkan di selang radiator.

Mekanisme kerjanya nantinya, ketika mesin mencapai titik panas tertentu, thermoswitch secara otomatis akan memicu kipas elektrik untuk berputar sehingga suhu tetap terjaga. Kalau mau dihubungkan langsung dengan kontak mobil (tanpa thermoswitch) bisa juga, begitu mobil on, kipas langsung nyala. Hanya saja katanya sih lebih boros accu dan dinamo kipas jadi kurang awet.
kipas elektrik copotan untuk mobil lawas
Contoh kipas elektrik copotan - google images
Oke deh, segitu dulu sharing nya. Nanti setelah saya pasang kipas elektrik di corolla DX "Jet Fire" saya, saya report disini hasilnya. Tapi dari rekan - rekan yang sudah pasang, cara ini sangat efisien loh. Selamat mencoba buat yang mau coba yaaa.

Referensi : tangomotor.com, Garasi DX Kaskus, KumbangJantan

4 comments:

  1. kbtulan ane juga punya DX Taon 80...dan temperatur mesin cepet naek kalo lg macet parah..dan kbtulan juga ane baca2 info dari forum sebelah banyak meberikan alternatif mendinginkan mesin DX pada Saat Macet..dari sekian banyak alternatif ane berncana ganti radiator 2 ply(5K n 7K)+xtra fan ato 3 ply (LGX Diesel)+extra fan.katanya manyus ademnya untuk kondisi jalan di Kota Jakarta sekarang ini..jangan lupa juga Upgrade aki yg lbh besar..kalo perlua gedein juga Dynamo Amphere/pengisian juga..

    ReplyDelete
  2. DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
    Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
    CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
    CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
    CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
    CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
    CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
    CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
    CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
    CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
    CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
    CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
    CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
    CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
    CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
    CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
    CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
    CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
    CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
    CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
    CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
    CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
    CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
    CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
    CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
    CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
    CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
    CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
    CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
    CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
    CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
    Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
    TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
    Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online CALL SMS 085 228 567 888
    PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
    Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
    Promo discond terbatas

    DISTRIBUTOR TERPERCAYA.

    ReplyDelete
  3. live reportnya sudah ada belom nih? :D

    ReplyDelete
  4. Kalau ndak jadi pasang electric fan

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...