July 13, 2012

Meremajakan Mesin Corolla DX dengan Swap Engine

Memelihara mobil tua sejenis Corolla DX itu memang susah – susah gampang. Susahnya itu namanya mobil tua, pasti ada aja penyakitnya. Mulai yang suka ngadat, kadang ada aja mogok, ampe body yang kropos. Intinya, mobil tua itu butuh perawatan ekstra di awal kamu melihara.

Nah gitu juga saya dengan si Jet Fire peliharaan saya. Corolla DX 80 yang saya pinang bulan April 2012 kemaren mulai rewel deh. Kadang ajrut – ajrutan, dibenerin yang A eh yang eror jadi yang B, dan lain – lain deh. Tapi memang saya akui, pemilik sebelumnya sepertinya memakai ini mobil buat drag race, jadi kondisi mesin dan jeroan kalau untuk harian udah lumayan mengenaskan juga.

Nah setelah konsultasi sana sini, maka saya ambil keputusan untuk mulai meremajakan total Corolla DX saya. Dan target pertama adalah mesin. Mesin 4K tahun 80 tentu aja terbilang udah lawas, sekitar 32 tahun, lebih tua dari saya. Rasanya wajar aja kalau agak sedikit eror, walau masih normal dipakai. Untuk itu, saya merencanakan untuk mengganti mesin si Jet Fire ini dengan mesin yang lebih muda dan bertenaga.

Untuk swap engine Corolla DX sebenarnya ada beberapa pilihan. Namun pilihan yang paling umum untuk harian adalah mesin toyota 4A-GE, atau mesin toyota 5K/7K. Kalau 4A-GE banyak dipakai pengguna Corolla yang disamping memakai untuk harian, namun juga mengejar power dari mesin tersebut. Tak salah memang, mesin yang juga menempel di Corolla AE86 ini cukup ternama di penggila otomotif. Namun ketersediaan mesin ini di pasaran Indonesia memang cukup langka. Wajar saja, sedikit importir yang memasukkan mesin jenis ini, namun banyak peminat yang berburu pula.
Kalo dipasang ini, Jet Fire bisa Ngepot2 deh
Namun pilihan saya sepertinya lebih berat untuk swap engine ke 7K. Mesin ini adalah mesin Toyota Kijang grand extra, dan kijang kapsul sebelum tahun 2000/2001. Pertimbangan utama saya adalah, saya tipikal orang yang santai saja kalau bawa mobil. Jadi asal tenaga cukup untuk mengimbangi rute zaman sekarang, dan nyaman dipakai harian, sudah cukup buat saya. Selain itu, ketersediaan part mobil Kijang yang banyak di Indonesia lebih membuat saya terjamin jika mencari part terentu tanpa harus banyak berburu.

Nah, selain dua mesin diatas, ternyata ada satu lagi mesin yang ternyata banyak diincar penggila kecepatan untuk mobil retro mereka. Mesin ini bertipe 3S-GTE, dan kalau tidak salah adalah mesin bawaan Celica. Dibanding 4A-GE, mesin ini memang spertinya lebih langka lagi. Namun karena hanya beberapa orang yang mengincar mesin jenis ini, ketersediaannya ternyata cukup banyak.

Ada saran dari sesepuh dunia otomotif buat kamu yang mau swap engine, khususnya mobil-mobil retro dan tua. Swap engine berarti menambah power mesin dibanding bawaannya. Untuk itu perhatikan faktor safety kendaraan kamu. Jangan cuma taunya kebut aja. Jadi jangan lupa upgrade pula kaki – kaki, rem, gardan, transmisi dan banyak lagi yang perlu diperhatikan deh.

Hmm....sepertinya butuh dana banyak ya buat itu semua?
Tapi kalau buat hobi, sepertinya gak ada yang namanya terlalu mahal ya. Sabar ya buat Corolla DX ku, nanti ada waktunya kamu nge-ganteng lagi :D

7 comments:

  1. om, boleh copas blog corolla dxnya untuk di blog Indonesia Corolla DX Community?

    icdxc.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Kalo boleh kasih saran untuk swap engine cari yg part nya masih banyak tersedia di pasar dan masih ramah dalam konsumsi bahan bakar apalagi dipake buat dayliuse...kalau saya lebih interest pake Engine 7k(karbu) + Girbox nya(kisaran 15jt uda sama masang kata forum sebelah)..lumayan cukup bertenaga untuk menopang beban 5 penumpang + barang2 di bagasi melewati jalur nagrek n puncak yg banyak tanjakannya mengingat bobot DX cukup ringan dengan swap engine 7k(kalo masih kurang powerfull tinggal ganti karbu weeber 2 barel)...saya rasa swapengine 7K/5K cukup bersahabat untuk yg kantongnya pas2an...krna DX saya berencana untuk swap ke 7k+grbox setelah selesai restorasi nanti mengingat untuk saya gunakan Dayliuse dan luar kota..mohon saran dan kritikan bila ada kesalahan dalam posting ini.Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...mantap banget nih sarannya...
      bener, 5K aja sebenernya dah cukup. cuma kalau mau mudaan, ya 7k.

      Buat harian sih karbu standar juga bagus. Kalo cari power, 4AGE aja deh, 17 juta sama pasang tuh di sebelah :D

      Delete
    2. forum sebelahnya mana tuh kang , jadi pengen ngrombak mobil bapak nih
      via email ya kang , dhee_phee78@yahoo.co.id matur suwun

      Delete
  3. kayanya bakal irit pake 7k untuk KE70, cz tenaga besar + body ringan. dijamin tenaga joss & bisa disettinga dengan final gear(gardan berat). cz AFR besar.

    beda dngan di body kijang, mesin menopang body besar, otomatis setting finar gear harus disetting ringan biar kuat menghadapi tanjakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya mas bro skalian mau tanya kalo Pake 7K apa perlu memperkuat di sektor dudukan mesin mengingat bobot mesin 7K lebih Berat dari 4K bagaimana menurut mas Bro.??

      Delete
  4. om saya pengguna corolla twincam se..sekarang menggunakan mesin 4afe great corolla...penggunaan sehari hari....nah masalhnya ini kan menggunakan pompa bensin milik carry injeksi..posisi pompa bensinya ngk di dalam tangki,,,,posisinya di dalam kap mesin...masalhnya kalo mesin dah panas ...nyalanya susah..nguin dindin dulu...minta solusinya om

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...