November 29, 2010

My Amateur Macro - Micro Photography

Pertama2, kenapa judulnya pake bahasa English??
Yak betul, maap tapi ini usaha biar dapet duit dari adsense. *ngarep

Pertama kali punya kamera, belajar ini itu, saya sama sekali gak tertarik sama macro micro photography, atau fotografi mikro makro. Oh iya, sebelumnya kenapa saya sebut makro mikro??
Bukan apa2 sih, cuma menghormati semua pengguna kamera. Setau saya di merk kamera ada yang menyebutnya mikro, ada juga yang menyebutnya makro.

Alasan saya untuk tidak tertarik dengan fotografi yang objeknya benda2 kecil ini simple sekali, "apa sih enaknya motoin lalet??". Simpel kan??
Tapi ternyata sebagaimana orang bilang, 'ketulahan', kala itu saya membeli sebuah lensa fix 50mm. Iseng baca sana sini, ternyata itu lensa bisa dipake buat makro dengan cara pemakaiannya dibalik. 

Maka dengan semangat '45, suatu sore saya bawa kamera dan lensa mungil itu kedepan rumah. Tak lupa saya bawa flash untuk tambahan pencahayaan. Cari objek sana sini, dan saya tertarik dengan barisan semut krang2. Untuk memancing mereka berkumpul, maka saya iseng kasih 'umpan' dengan serpihan2 makanan. Dan eksekusi pun dimulai. *ckrek...ckreek <<< bunyi moto yah >,<

Dan ternyata moto makro itu susah. Sore itu, dari sekitar 40an kali jepret, saya hanya bisa mendapat 3 atau 4 buah foto yang dapat dinikmati. Kendala paling utama adalah tipisnya DoF saat foto makro, ditambah mata tua saya, maka foto pun banyak yang miss fokus. Selain itu, lokasi semut yang berada di bawah, membuat saya harus jongkok-semi-nungging selama kuran lebih 1 jam. uhh....capek!! *kreeekkk...kreekk << kali ini bunyi pinggang saya -_____-"
Foto Macro pertama yang harus dibayar dengan pinggang berbunyi krek krek
Sejak saat itu, entah kenapa saya ketagihan untuk menghasilkan foto makro yang dapat dinikmati. Ironis memang, minat saya untuk moto makro dimulai dengan sesi pinggang terserang linu2 rematik.

Btw, kalo ada istilah2 diatas yang temen2 gak tau, silahkan googling aja dlu, itu alat googling ada di kanan atas blog saya *masih usaha.
Nanti berikutnya saya coba cari2 senior yang mau kasih panduan tips2 moto makro - mikro.
keep on jepret!!

1 comment:

  1. buangshat.. bikin poto makro pake lensa 50mm :D
    kerennnn.. aku pake EF USM wae blom tentu iso :s
    anyway, nek ngejar adsense, bukan cuma judulnya yang bahasa inggris.. content artikel yo kudu inggris.. :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...