February 10, 2012

KasKus Capai, 4 Juta Member. Congratuations!!

KasKus, situs komunitas online terbesar di Indonesia, semakin mengukuhkan eksistensinya di jagad maya. Pada 6 Februari 2012 lalu, secara resmi kaskus akhirnya mencapai 4 juta member yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Bahkan, tak sedikit pula yang berada di luar Indonesia.

Keberadaan Kaskus yang menjadi wadah beragam aktivitas dunia maya, seperti magnet untuk para membernya. Tak hanya member biasa, tak sedikit pula artis yang secara resmi terdaftar di kaskus, dan mendapat tag verified member. Sebut saja Meisya Siregar, Prisa Adinda, Giring Nidji, Abu Marlo, Saykoji, hingga bintang film porno kenamaan Vicky Vette. Tak sampai disitu, Saykoji juga menciptakan sebuah lagu berjudul Kaskus Anthem, yang diperuntukkan bagi Kaskus dan semua membernya.

Vicky Vette, Artist dengan tag Verified Member Kaskus
Lalu mengapa nama Kaskus begitu 'besar' di ranah pengguna internet?
Sejujurnya, menurut saya, besarnya Kaskus bukan cuma karena eksistensi mereka di dunia maya saja. Tak terhitung jumlah kegiatan, dan komunitas terbentuk yang secara real terjun di dunia nyata. Sebut saja komunitas hobi macam olahraga, fotografi, bahkan gaming. Gathering para komunitas di dunia nyata ini yang akhirnya menciptakan rasa kebersamaan dan kekeluargaan diantara para member Kaskus.

Tak hanya itu, kegiatan sosial yang mengatasnamakan "Kaskus" juga tidak sedikit. Secara real, entah itu diadakan manajemen kaskus, atau diadakan anggota regional tertentu, bakti sosial menjadi event rutin para anggotanya. Dengan niat tulus kekeluargaan dan saling membantu, maka nama Kaskus semakin dikenal, sebagai situs komunitas maya, yang menghasilkan kegiatan nyata.

Sejujurnya, saya mengenal Kaskus dengan kesan yang 'kurang baik'. Awal bergabung di Kaskus dikarenakan melihat sebuah foto kategori bb17, yang dibawahnya tertulis bb17@kaskus. Dan saya akhirnya join agar bisa mendapat akses ke area tersebut. Ya, dulu kaskus memang sangat terkenal dengan keberadaan 'ruang' khusus dewasa ini.
salah satu Sub-Foum paling ramai kala itu
Namun seiring perkembangannya, kaskus meniadakan ruang tersebut. Meski pada awalnya dianggap akan pudar tanpa ruang dewasa, kaskus justru semakin naik namanya di persaingan forum maya. Sempat 'jatuh' pada 2007 (atau 2008?) dikarenakan perselisihan antar member dengan member forum lainnya, kaskus akhirnya kembali bangkit.

Dan saat ini, tim Kaskus tengah mengembangkan 'new Kaskus'. Meski masih dalam tahap beta, beberapa member sudah mendapat undangan resmi untuk mencoba new Kaskus beta. Harapannya adalah untuk memperoleh testimonial, masukan dan saran, agar kedepannya new kaskus bisa lebih baik dari versi beta. Tim kaskus sepertinya ingin menciptakan forum yang 100% buatan sendiri. Tidak menggunakan engine vBulettin seperti yang selama ini.
Tampilan new Kaskus Beta yang sedang dikembangkan
Mungkin sudah 5 atau 6 tahun saya mengenal situs yang dinahkodai oleh Andrew Darwis ini. Tidak sedikit pengetahuan yang saya peroleh dari Kaskus. Sedikit belajar fotografi, belajar membuat blog, mengenal olah photoshop, mengenal uang jajan dari internet, hingga aktif jual beli online. Semuanya karena Kaskus. Jadi secara pribadi saya mengucapkan, selamat atas pencapaian 4 juta member Kaskus. Semoga kedepannya kaskus jadi lebih baik, dan junker semakin tobat, penjual bokep di lounge serta para perusuh sara kesetrum kabel modemnya sendiri.

Sekali lagi, Congratulations Juraganssss


p.s. selamat buat member id ke 4.000.000. Dapet Galaxy Tab 10.1, enak banget yaakk --"


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...