April 1, 2013

Welcome To April Fools :)

cerita april mop fools pengalaman
Akhirnya bulan April juga. Jujur aja, bulan Maret kemaren itu kayaknya bulan paling suram sepanjang keberadaan saya di Surabaya. Ditengah – tengah kesemrawutan tugas yang menumpuk, secara keuangan juga saya dilanda krisis moneter ala anak kos. Dan penutup akhir bulan, uang saya yang tinggal selembar itu diambil Pak Polisi. Iyah, saya kena tilang di depan Tunjungan Plaza Surabaya.

Anyway, saya bukan mau ngomongin itu. Saya mo ngomongin soal bulan April, month with a lot of ‘acceptable lie’. Bener gak gitu? Sorry, saya emang bermasalah sama bahasa asing. Tapi emang bener, bulan April itu identik sama yang namanya April Mop, atau April fools. Apa sih itu April Mop / Fools?

April Mop atau April Fools itu ‘dirayakan’ tanggal 1 April setiap tahunnya. Dan di hari tersebut, KATANYA orang boleh berbohong untuk lucu – lucuan karena dilegalkan. Jadi kamu boleh membuat kebohongan apapun, dengan alasan hanya untuk bersenang – senang. Yah, kurang lebih gitu deh.


Waktu dulu saya kuliah di STAN, saya punya pengalaman buruk soal April Mop ini. Saya inget, waktu tu 1 April malem, sekitar jam 9-an, jam dimana anak kos udah mau tidur atau santai – santai maen game. Tiba – tiba saya dapet SMS, ada rekan dari Keluarga Mahasiswa Lampung STAN yang meninggal karena kecelakaan. Ya, SMS itu kayak bikin shock kami semua.

Akibat dari SMS itu semua, kami berkumpul dan sudah separuh dari mempersiapkan semuanya. Bahkan kami sudah menghubungi keluarga si ‘korban’, dari paman korban kalau gak salah waktu itu. Yang belum adalah sewa mobil jenazah, dan mencari lokasi dimana jenazah doi saat itu. Tinggal itu doank!

Ditengah kericuhan dan kebingungan kami semua, tiba – tiba si ‘korban’ itu tadi muncul. Dan tanpa rasa bersalah dia cengengesan, ketawa – ketawa sambil bilang ‘April Mop brooo’. Sontak emosi kami meledak, hampir semua maki – maki doi, sampe akhirnya ada seorang sesepuh yang maju, dan tanpa babibu langsung menampar dengan keras muka si korban. Dan semua terdiam...

becandaan april mop

Sampe sekarang, tragedi April Mop itu masih tersimpan di ingatan saya. Apakah dengan alasan April Mop kita jadi dibebaskan membuat joke apapun gitu, tanpa memikirkan orang lain? Gak kepikiran gitu kalau temen kamu punya serangan jantung, atau darah tinggi? Terlebih, becandaan yang gak asik gitu bisa memecah pertemanan kalian sendiri.

Jadi, ya kalau mau main April Mop gitu gituan, ya coba deh diliat – liat dulu konteks bercandaan dan kadar ‘kekacauan’ yang dapat ditimbulkan nantinya. Jangan terlalu berlebihan, karena yang namanya bercanda itu dengan siapapun selalu ada batasnya.

Nah, kalau kamu ada pengalaman apa tentang April Mop? Tulis di komentar pos ini ya 

Welcome April, and don’t forget to make your April Wishes :D

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...