April 22, 2011

Lensa Macro Tamron 90mm Untuk NIKON

Karena saya lagi keranjingan moto macro, maka saya mo coba nulis tentang lensa macro. Yang jadi bahasan kali ini adalah lensa macro third party untuk NIKON.

Kenapa Nikon?
Sebenernya lensa ini juga available untuk Canon, Olympus, Sony dan lain2. Tapi saya coba nulis untuk NIKON, dengan alasan sederhana. Ya, saya pakenya NIKON --"

Lensa Macro Tamron 90mm ini lengkapnya punya detail begini : Tamron SP AF 90mm f/2.8 Di Macro 1:1. Dan untuk diketahui juga, lensa macro dari Tamron ini juga punya 2 jenis, yang non-built in motor serta yang built-in motor.
Kegunaannya jelas, yang built-in motor bisa menjalankan auto fokus untuk body kamera nikon yang tidak punya motor fokus di body seperti D40, D60, D3000 dan sodaranya.

Secara penampakan, lensa ini seperti memiliki build quality yang kurang. Body yang terbuat dari plastik, membuat kesan kurang kokoh, serta ringan. Hal ini sepertinya kurang menguntungkan buat saya. Karena lensa yang ringan membuat lebih sulit steady. Tapi lensa yang terlalu berat juga bikin gak kuat ngangkat yah --"

Soal kinerja, AF pada lensa ini juga dinilai lumayan lelet. Jadi, ya kurang menguntungkan juga kalo digunakan untuk memfoto moment yang butuh kecepatan fokus. Belum lagi ketika moto lowlight. yah, itu lah kekurangannya.

Saatnya kelebihan lensa ini yang kita bahas.

Pertama, dengan banderol harga yang lumayan, lensa Tamron ini menjanjikan hasil yang menawan. Ketajaman lensa ini untuk foto macro tidak perlu diragukan lagi. AF yang lemot tidak masalah, karena kebanyakan macro menggunakan manual fokus toh?
Jika ingin freezing, sepertinya AF masih cukup mengejar momen untuk siang hari.

Bukaannya yang relatif besar (2.8) dan FL 90mm-nya, bisa membuat lensa ini digunakan untuk fungsi sampingan. Misal candid dan snapshot. Untuk lensa crop faktor, lensa ini akan memiliki range lumayan jauh untuk Street Photography.

Untuk macro pemula, lensa ini sangat dianjurkan. Banyak sesepuh macro bilang, lensa ini worth for money, price for performance. Yah, gitulah kira2. Very recomended dibandingkan Nikon 105mm micro yang harganya nyaris 2x lensa Tamron.

Tapi kalo anda memiliki unlimited budget, maka ikuti pepatah lama. Kamera Nikon, ya lensanya Nikon juga --"

Untuk melihat contoh hasil lensa Tamron 90mm macro ini, anda bisa melihat di koleksi member Fotografer.net Foto Macro Dengan Tamron 90mm


2 comments:

  1. wow, review lensa yang menarik!
    terimakasih udah mampir ke blog saya dulu. :)

    ReplyDelete
  2. Nah, untuk sementara ini saya masih nabung untuk beli lensa prime Nikon yang 50mm.. :D *naksir berat*

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...