January 5, 2013

Kelakuan Penumpang Pesawat Indonesia Yang "Mengagumkan"

Sejak 2007, dimana gue secara nasib ditempatkan di Kalimantan, maka gue dapet kesempatan untuk bisa naek alat transportasi yang kata Supermen : kendaraan dengan persentase kecelakaan paling kecil di dunia. Iya, gue jadi bisa naek pesawat. Dan jujur, 2007, saat umur gue kala itu adalah 22 tahun, adalah pengalaman gue naek pesawat untuk yang pertama kalinya.

Boleh percaya boleh juga enggak, tapi mayoritas orang yang pertama kali naek pesawat, bakal minta seat di deket jendela. Alesannya simpel, mau liat pemandangan dari atas. Gitu juga gue, saat itu gue ngotot minta duduk di deket jendela. Ehem,,,rada ndeso sih emang. Tapi sampe sekarang, gue emang paling demen duduk di deket jendela. Lebih enak tidurnya gitu.

Harga tiket pesawat sekarang udah murah banget. Malah kemaren gue dapet tiket yang harganya lebih murah dari harga tiket kereta api dengan jurusan yang sama. Aneh memang. Tapi dengan gitu, sekarang semua orang bisa ngerasain naek pesawat. Bisa memperpendek jarak tempuh kalau ada kepentingan di kota lain.

Tapi sisi negatifnya adalah, kebiasaan orang Indonesia itu gak bisa dibilangin. Banyak yang ngerasa bener sendiri, dan gak perduli sama orang lain. Hal itu juga bisa loe liat di dalem pesawat. Banyak penumpang dan keluarga penumpang yang ngeselin abis. Dan itu gak sedikit!

Sekarang gue mo coba nulis, beberapa kelakuan penumpang yang menurut gue amat sangat "mengagumkan".

Membawa Barang Extra Besar ke Kabin
Kalau loe naek pesawat, ada peraturan yang membatasi barang bawaan ke dalam kabin penumpang. Gue lupa aturan pastinya, tapi kalo dibatasi mungkin satu tas kecil dan satu handbag kalo buat cewek. Okelah, kalo cowok masih bisa masukin tas gendong sedeng dan tas laptop. Asal gak lebih dari 5 - 7 kg, tergantung maskapainya.

Tapi di Indonesia, loe bakal nemuin penumpang yang bawa barang extra gede ke dalem kabin. Mereka bawa travel bag yang ukurannya lumayan besar, kardus yang guede, tas yang juga gede dan sebagainya. Dan kalau sampe pintu pesawat ditahan sama petugas, disuruh masukin bagasi, mereka bakal jawab males, nanti nunggu ambil bagasi lama, terus udah tanggung sampe pesawat dll. Gak jarang kalo yang ngelarang itu pramugari, tu penumpang malah marah - marah. Asli, mengagumkan!

Penumpang Yang "Stay Connected"
Iya, di pesawat itu gak boleh nyalain handphone, smartphone, pinter-phone dan segala bentuk alat elektronik yang membutuhkan dan memancarkan sinyal. Menurut pihak maskapai, bisa mengganggu alat navigasi pesawat. Makanya begitu masuk pesawat, diminta untuk mematikan segala alat canggih tersebut. Dimatiin loh ya, Turn-off, bukan disimpen di tas!
Tapi jangan heran kalau loe lagi di pesawat, dan nemu penumpang yang sembunyi - sembunyi maen hape ketika sudah di pesawat. Malah gak jarang, pesawat sudah jalan ke landasan pacu, mereka masih sms-an, check-in foursquare, update status fb dan twitter. Eksis abis. Malah kadang ada yang masih telpon-telponan. Dan orang kayak gini, kalau loe tegur dan ingetin, dia pasti marah. At least dia bakal cemberut dan misuh - misuh.

Ketika landing juga, sudah diingatkan untuk menghidupkan handphone nanti ketika di gedung terminal. Tapi lo bakal sering ngedenger bunyi handphone, tepat ketika pesawat menyentuh landasan saat landing. Entah itu notifikasi sms, bbm dan laennya. Pasti ada deh, gue jamin!

Duduk Dimana Dia Suka
Kayaknya gak cuma di pesawat, kalau loe naek kereta atau bis malem, kan kursi tuh ada seat numbernya. Mulai dari 1 2 3 4 dst, ampe kayak kereta dan pesawat yang pake alphabet 1ABC, 2ABC dll..

Tapi banyak penumpang yang duduk seenaknya. Mereka cuma ngeliat, 'oh di seat 12', tanpa ngeliat alphabetnya. Maka dia entar duduk aja disebelah mana dia mau. Akhirnya, nanti ada penumpang laen yang kebingungan karena kok kursinya didudukin orang laen. Dan yang keren lagi, tuh orang biasanya gak mau disuruh pindah!
Gue gak bilang kalo gue paling taat sih pas naek pesawat, tapi at least kita sama - sama ngejaga lah. Pesawat itu kan isinya ratusan orang, setiap tindakan pelanggaran yang kita lakukan, itu gak cuma membahayakan diri kita. Tapi kita juga sudah membahayakan penumpang laennya.

Jadi buat kita semua, coba deh jadi penumpang yang lebih pinter gitu. Bawa barang gak usah banyak - banyak ke kabin, kalo banyak ya masukin bagasi aja. Handphone itu mbok ya dimatiin begitu sudah di dalem kabin pesawat, toh di langit juga gak ada sinyal. Yang ada malah tu hape nyari-nyari sinyal terus, dan ganggu sinyal komunikasi pesawat.

Kalau mau bepergian dengan pesawat dalam keadaan yang nyaman dan aman, cobalah kita mulai dari diri kita sendiri dulu. Dan berharaplah, orang lain bisa lebih tertib juga.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...