March 13, 2013

Karena Seratus Rupiah Juga Uang

Luw pernah gak sih, lagi beres - beres kamar atau rumah, terus nemu uang dibawah meja atau di kolong ranjang?
Khususnya anak kost, pasti sering banget tuh nemu model ginian. Lagi nyapu kamar, eh nemu uang recehan di sudut - sudut atau di kolong meja dan kasur. Biasanya sih, uang ini tuh kembalian dari belanjaan kita, atau bisa juga kembalian dari makan di warteg.

Gue inget banget, dari jaman ngekost di Jakarta, Kalimantan ampe sekarang ini di Surabaya, yang namanya uang receh itu berceceran. Paling ekstreme sih waktu di Kalimantan kali ya, karena status kerja, dan keuangan lumayan longgar (walau gak bisa dibilang berlebih). Waktu itu tuh kalo beresin kamar, uang receh sampe ikut kesapu bareng debu dan sampah - sampah. Tapi gak sampe gue buang kok, sampe pintu gue pungutin satu - persatu, dan gue masukin ke celengan gue berupa box bekas bola tenis.

Dan bukti nyata, bukan cuma gue kok yang begitu. Tetangga kost gue juga punya kelakuan yang sama. Dia pake botol bekas air mineral yang gede, dan nyaris penuh juga. Dan seperti juga gue, itu botol uang receh teronggok di sudut tengah rumah. Jarang dipegang, paling kalau ada tukang pentol (bakso tusuk) lewat aja itu botol dibawa keluar, diitungin sampe 3ribuan atau 5 ribuan, baru dipake buat jajan. Iya luw bener, uang receh jadi kayak diremehkan. Mungkin kalau dia bisa ngomong, dia bakal nangis -___-"




Apa cuma anak kos yang 'alergi' sama uang receh?
Nggak juga loh, gak cuma anak kos. Banyak banget orang yang begini, dan batasan dari 'receh' untuk tiap orang itu beda - beda. Gue pernah belanja di salah satu Supermarket di Surabaya, dan di depan gue ada ibu - ibu dengan style ya modis (kemudian gue sebut tante aja biar gampang). Nah si tante ini ternyata belanja cukup banyak, dan yang gue inget itu dia bayar pake uang ratusan ribu. Kemudian sama si kasir dikembaliin pake 5ribuan beberapa lembar. Kemudian si tante protes sambil merintah, 'duh jangan receh deh, menuh-menuhin dompet aja. Tuker 20ribuan aja coba, cari ke kasir lain dulu saya tungguin'.

Gue shock, buat gue 5ribu itu uang gede. Gue bisa makan, beli aer mineral buat di kampus, atau bisa nelpon beberapa jam kalo gue jadiin pulsa. Dan buat si tante tadi, uang 5ribuan itu cuma bisa menuhin dompet doank. Sebegitu gak berharganya kah uang receh?

Tapi dari situ gue jadi berkaca ama diri gue sendiri. Kalo gue bisa ngomongin si tante, gue juga harus bisa ngomongin diri gue sendiri. Dulu gue juga sering gitu, kalo ada kembalian 200 perak, atau 500 perak, gue maen taroh aja di sembarang tempat. Ntar pas nyapu kamar, baru gue masukin celengan. Kalo ada (sorry) cleaning service kantor yang kebetulan tetangga gue maen kerumah, minta tu uang, gue kasih - kasih aja. Seakan gue gak butuh uang. Iya, gue ternyata gak beda sama tante tersebut.

Cuma gue sekarang makin sadar. Emang sih, uang 200 atau 500 sekarang ini agak susah dinilai. Gue bawa ke kampus aja, 500 permen dapet 3 biji. Buat 1 SKS juga kurang itu permen. Cuma kalo dipikir lagi, gue dapet itu receh karena gue belanja dengan nominal yang ada receh, dan gue bayar pake uang non-receh. Misal gue makan 8700 rupiah, gue bayar pake 10ribuan, jadilah gue dapet receh 300. Gitu juga seterusnya, ampe receh gue menggunung *lebay*

Dan sekarang, gue mulai mengumpulkan receh yang bertebaran, dan gue manfaatin dengan baek. Yang 100 dan 200 tiap hari gue bawa beberapa di dalem tas. Jadi kalau ada belanja dengan ekor receh lagi, gue udah bawa sendiri. Dan akhirnya gue gak dapet kembalian receh. Makin lama receh gue makin berkurang, dan gue berasa lebih hemat dalam pengeluaran :)


Untuk yang 500an, sengaja gak gue pake. Sekarang gue sengaja beli celengan, buat nampung uang 500an dan uang hukuman. Iya bener, uang hukuman, jadi kalau gue ngebuang - buang receh lagi, maka uang kertas yang ada di kantong gue dengan nominal paling kecil harus masuk celengan! Udah jalan 6 bulan, gak tau udah berapa isi celengan gue. Tapi gue bangga, gue jadi lebih disiplin dan menghargai uang, walau uang jajan gue sering kepotong karena gak disiplin.

Ada macem - macem cara orang tidak menghargai uang. Coba deh luw kalau dapet uang kertas, khususnya kembalian dari warung atau kantin, luw amatin baek - baek. Sering banget loh uang kertas mengalami penindasan. Mulai dari coretan, dikasih kumis, sompel, atau sudah sambungan pake selotip. Malahan gue pernah dapet uang kertas yang ada lirik lagunya disitu.

Coba luw liat bule luar negeri sana, mereka sangat sayang sama uang mereka. Bukan dalam artian pelit atau pamer, tapi mereka memperlakukan uang mereka dengan baik. Bahkan mereka gak pernah melipet sampe ngegaris di uang kertas mereka. Makanya luw pasti sering liat, kalau mereka bawa uang banyak, uangnya tuh digulung. Tujuannya cuma satu, biar gak ada lipetan di uang kertas mereka.


Buat luw yang sering gak menghargai uang, coba deh dipikir baek - baek. Nyari uang itu susah loh, beneran susah. Apalagi luw yang masih minta uang ama orang tua. Luw gak tau berapa menit waktu tidur yang mereka buang buat dapetin uang sepuluh ribu rupiah, atau bahkan seratus rupiah. Luw gak pernah tau berapa tetes keringat yang jatuh dari kening mereka untuk beliin kamu seliter bensin. Dan percayalah, itu gak mudah, karena gue udah ngalamin itu :)

Jadi, yuk kita sama - sama belajar menghargai uang, berapapun nominalnya. Setiap keping dan lembar uang pasti ada manfaatnya untuk kita. Karena kata ustadz juga menghargai uang itu adalah mensyukuri rejeki. Dan karena, seratus rupiah juga uang yang punya harga dan nilai. Kalau kata emak gue, "uang kamu 10 juta kurang seratus perak gak akan jadi 10 juta" :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...