January 16, 2011

Dasar Fotografi : Aperture

LensaGaul - Sebelumnya saya mo minta maap, bukan mo sok ngajarin ato menggurui. Tapi beneran mau share aja apa yang saya pelajari, walau saya sendiri belum menguasainya. Oke, langsung di lanjut aja.

Dasar fotografi memang sepertinya banyak. Tapi kalo dikumpulkan jadi satu, keliatan garis besar fotografi itu apa aja. Karena saya sendiri masih nubie, dan belum belajar banyak, jadi saya share yang saya pertama kali pelajarin soal fotografi, yaitu Aperture.

Dalam dunia fotografi, Aperture adalah besarnya bukaan diafragma lensa. Fungsi dari aperture ini adalah mengatur besaran jumlah cahaya yang masuk kedalam sensor kamera anda. 

Sistem kerja aperture ini bisa dibilang sama dengan sistem kerja pupil pada mata. Pupil akan merespon tingkat kecerahan cahaya disekitar, dan mengatur besaran cahaya yang masuk kedalam mata. Kurang lebih, begitulah fungsi si aperture tadi.


Aperture, atau saya sering sebutnya "bukaan", pada kamera biasanya digambarkan dengan angka f. Misal f/2.8, f/8 atau f/22. Nah dalam pembacaan aperturef number ini dibaca terbalik. Jika ada yang bilang bukaan besar maka itu adalah angka kecil. Dan jika angka besar, misal f/16 maka itu adalah bukaan kecil.

Hmm...bingung yah?
kalo gitu gambar foto dibawah ini, smoga lebih dimengerti :
Schema Aperture
Semakin besar angka f, maka semakin kecil lubang diafragma (bukaan kecil)

Aperture juga mempengaruhi ruang tajam gambar foto yang dihasilkan. Secara teori mungkin begini :
Semakin besar bukaan = f angka kecil = Semakin tipis ruang tajam foto

Perbandingan Aperture (f) yang berbeda

Dapat dilihat dari gambar, pada gambar 1 dengan f angka kecil, maka ruang tajam hanya pada foto orangnya saja. Sedangkan jika f menggunakan angka besar (gambar 3), maka ketajaman foto mencapai latar belakang foto.


Hmm...sepertinya pengetahuan saya soal aperture cuma terbatas sampai situ aja. Kalo ada kesalahan, tolong diperbaiki yah. Kalo ada pertanyaan, silahkan bertanya. Saya bantu jawab semampu kapasitas saya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...