January 11, 2011

Fotografi Sendiri : Mencoba Menghapus Teori

Teori Segitiga Eksposure - Google Images
LensaGaul - Belajar Fotografi tentu tak akan lepas dari teori. Mulai dari teori basic, sampai teori expert. 

Ada bermacam teori di dunia fotografi. Mulai dari teori untuk memulai fotografi, memilih kamera yang baik, dasar fotografi, pengertian istilah sampai komposisi dan teori tehnik lainnya. Dan jujur saja, itu semua sangat banyak buat saya yang memiliki kemampuan mengingat sangat rendah.

Saya sendiri tak banyak belajar teori. Hmm...atau sebenarnya kebanyakan baca, ampe bosen terus males belajar lagi. Makanya dari dulu jadi nubie cacad gak pinter2. Hihihii...
Jadi saya memfoto sesuatu suka - suka saya aja, toh ini adalah hobi saya, dan syukur2 kalo ada teman2 yang lain yang senang dengan foto yang saya hasilkan :p

Belajar teori itu bagus, bahkan sangat berguna sebagai "pondasi". Tapi tak ada sesuatu yang tak bercela kan?
Jika kita belajar teori, kadang kita terlalu takut melompati teori itu sendiri. Jadi foto yang dihasilkan berkesan "muter-muter" begitu begitu aja, tapi cuma isinya yang diganti. Jadi kayak gambar saya jaman SD dulu, dua gunung dan di tengah ada matahari. Itu karena dari awal gambar dah kepatok teori begitu sih :D

Oleh karena itu, saya membuat foto berdasarkan kemauan saya. Orang bilang jelek, gak sesuai dengan teori.. Ini dunia nyata, teori cuma dipake buat ujian kok :D
Foto seorang model...tanpa wajah si model -____-"
Cobalah belajar membatasi "konsep" anda dalam teori. Sementara pelajari saja segitiga exposure, menghasilkan exposure yang tepat, lalu kuasai. Saya sih jujur aj, gak pernah bisa menguasai perfect exposure ini. hihihiiii...

Soal komposisi, ato apasajalah, anda nanti juga bisa menguasai sendiri, mana foto yang komposisi nya enak diliat, dan mana yang bikin pusing mata. Intinya, coba puaskan diri anda sendiri dulu.

Semoga postingan ini bermanfaat, dan anda berkenan men-share ke teman2 anda. Biar blog ini tetap hidup, dan membuat saya semangat berbagi. Walo kadang yang dibagi sudah jauh dibawah kemampuan anda. Maklum...kan saya Nubie.
hihihii...


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...