January 20, 2011

Shutter Speed

Fotografi Pemula - Setelah kemarin saya menulis tentang aperture, maka sekarang saya mencoba menulis saudara dempetnya dalam hal exposure, yaitu shutter speed. Karena saya sendiri gak pinter ngejelasin, jadi saya ambil dari beberapa sumber aja ya.

Dari belajarfotografi.com, shutter speed adalah rentang waktu saat shutter di kamera anda terbuka. Secara lebih mudah, shutter speed berarti waktu dimana sensor kita ‘melihat’ subyek yang akan kita foto. Gampangnya shutter speed adalah waktu antara kita memencet tombol shutter di kamera sampai tombol ini kembali ke posisi semula.

Secara simpel, shutter speed yang tinggi digunakan untuk membekukan gerakan yang cepat. Biasanya shutter speed tinggi ini digambarkan dengan angka 1/1000, 1/500 dan seterusnya. Hal itu menenjukan kecepatan shutter anda. Misal anda menggunakan 1/125, berarti shutter anda bekerja dengan kecepatan 1/125 detik.
contoh foto dengan shutter speed tinggi - google.com


Shutter speed yang rendah, biasanya digunakan ketika keadaan pencahayaan tidak mendukung. Tapi ada juga yang sengaja menggunakan shutter speed rendah untu membuat blur gerakan suatu objek. Kalau di kalangan fotografer, ini dinamakan tehnik slow speed.
Foto dengan slow shutter speed - Koleksi Pribadi :p

Demikianlah penjelasan shutter speed secara singkat. Namun yang patut dipahami, shutter speed bukan hal yang dapat dipergunakan tanpa memperhatikan hal lain.

Shutter speed merupakan bagian dari segitiga exposure yang saling berkaitan. 2 dari 3 hal tersebut sudah ditulis, yaitu Aperture dan Shutter Speed. Maka berikutnya akan saya coba tulis bagian yang ketiga.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...