January 26, 2011

Dasar Fotografi : Eksposure

Dasar Fotografi - Setelah kemarin saya mencoba berbagi pemahaman soal Aperture, Shutter Speed dan ISO, maka selanjutnya adalah giliran Eksposure.

Apa itu eksposure?
Eksposure (menurut pemahaman saya) adalah banyaknya cahaya yang jatuh kedalam sensor kamera/film dalam proses pengambilan foto. Dalam proses pengambilan foto, biasanya kamera disertai light meter untuk memperhitungkan eksposure yang tepat.
Contoh Light Meter - Google Images

Mengapa eksposure harus tepat?
Setahu saya, ada 3 jenis eksposure. Eksposure yang pas (perfect exposure), terlalu gelap (under exposure) atau terlalu terang (over exposure). Jika cahaya yang masuk kurang, maka foto menjadi terlalu gelap. Dan jika terlalu banyak cahaya yang masuk, maka foto akan menjadi terlalu terang atau bahkan menjadi wash out.


Bagaimana Menentukan Eksposure yang tepat?
Nah...kalo ini saya gak bisa jawab. Jujur aja, eksposure itu buat saya adalah selera masing2. Buat beberapa orang under, bisa aja orang lain menganggap itu pas. Bahkan foto yang terkesan Over, terkadang terlihat sangat menarik.

Semua itu tergantung dengan keadaan di lapangan, dan kembali ke selera masing2. 

Lalu apa hubungannya Exposure dengan ApertureShutter Speed dan ISO?
Mari kita bahas itu nanti lagi. Saya mo kerja dulu
^-^

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...