November 25, 2011

Fotografi Pemula - Sunset Tanah Lot (HDR)

Sewaktu kemarin ke Bali, memang tujuan utama saya bukan hunting dan belajar tehnik foto fotografi. Lebih ke refreshing, jalan-jalan dan...ehem, hanimun. Jadi otomatis, semangat buat gotong-gotong gear, cari spot dan objek tu sifatnya "conditional". Kalo ada ya saya moto, kalo gak ada ya udah, memang rencananya jalan2 aja.

Tapi yang kita bicarakan ni Bali. Yups, Pulau Dewata yang notabene banyak bule pake bikini pantai bagus, momen menawan dan beragam objek menarik untuk dipoto. Jadi disela-sela bersantai, kadang suka kepikiran juga, "kenapa gak bawa filter A, kenapa gak bawa lensa B", dll gitu lah. Intinya, jalan-jalan, gak bawa kamera = siap2 meratapi kebodohan ~,~

Salah satunya itu waktu saya mengunjungi Pura Agung Tanah Lot, Bali. Selain keagungan Pura di tengah laut tersebut, tradisi tanah lot yang kental dan sarat budaya, sunset tanah lot sendiri menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Dan dengan asumsi, "ah gak perlu bawa filter-filter, ribet. Tripod aja sama kamera buat foto narsis", maka saya meninggalkan beragam filter di bagasi motor.

Sekitar 15 menit menjelang matahari tenggelam ke peraduan *tsahh*, mulailah muncul nyanyian di kepala yang cukup membuat galau suasana. Sumpah, itu scene pantai bebatuan, plus deburan ombak yang lembut dan sunset yang bersih, ngebuat saya nangis bombay gak bawa ND dan GND. Alhasil, saya diketawain istri ~,~

Gak keabisan akal, saya kepikiran untuk bikin "foto sandwich". Maka saya langsung ambil tripod, cari posisi dengan sedikit terburu-buru, setting kamera dan jepret dengan beragam exposure. Saya pikir, nanti bisa diolah di sotosop.

Tapi kendala lain muncul ketika saya melihat hasilnya di komputer. Scene sandwich, dengan slowspeed langsung di lokasi, akan menimbulkan 'nuansa' yang berbeda dari sebuah foto. Maka saya putuskan, rencana saya foto sandwich gagal.
Tapi *lagi-lagi tapi*, gak sengaja saya liat shortcut software Photomatix nyempil dipojokan. Ahaaa...saya jadi inget, saya bisa bikin ini jadi foto HDR aja. Dan dengan dioprek sedikit di photomatix, sentuh2 manis di sotosop, jadilah foto diatas. Yah..lumayan, masih bisa sedikit dinikmati walau masih sedikit menyisakan penyesalan, "kenapa gak bawa filter???".

Oh iya,kalo ada yang masih bingung, apa itu foto HDR, bisa cek disini.
Untuk versi gede Flickr, lagi eror. Jadi belum saya upload nih ~,~


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...