November 29, 2011

Fotografi Pemula : Foto Hitam Putih Dengan Selective Colour

Tadi pagi, lagi iseng browsing nemu salah satu thread yang ngebahas mengenai foto selective colour. Sejujurnya, nama pastinya saya gak tau, tapi kebanyakan orang menyebut selective colour itu tadi. Nah apa itu foto selective colour, teman-teman bisa liat contoh foto diatas. (bukan foto jepretan saya yah itu! Hasil Google, buat contoh aja :p)

Sebenernya udah lama tau soal ini, tapi ngeliat thread yang saya bilang tadi, jadi kepikiran dan pengen utak atik lagi. Uprek-uprek stok foto yang ada, ternyata saya nemu foto waktu lagi nangkring di bandara nungguin pesawat. Dan dapet deh bahan buat di edit.

Pada dasarnya, selective colour itu 'simple dan mudah'. Yang bikin susah itu bagian seleksinya itu. Teorinya adalah, duplikat foto kamu (background), ubah itu duplikat (layer 1) jadi foto hitam putih, terus apus bagian dari foto layer 1 tadi yang mau dibikin berwarna. Dan walah, fotonya jadi deh.
Hasil latihan selective colour
Kendala utama dari tehnik edit foto ini adalah bagian apus bagian yang mau berwarna itu tadi. Oke kalo fotonya simpel, gak ribet, bisa di seleksi dengan gampang. Kalo fotonya gak memiliki kontras yang tinggi, wah...buat saya yang gak jago seleksi, ya susah mo dibikin rapi. Foto saya diatas contohnya, gak rapih kan??

Nah kalo mo bisa menguasai tehnik ini, banyak belajar seleksi di sotosop deh. Pasti nanti jago. Dan maap buat bapak yang jadi bahan edit, namanya juga candid ya pak :D

P.S. Monggo tinggalkan komentar. Kalo ada yang request detail tutorial, nanti saya posting deh.


2 comments:

  1. kalo di pixelmator (mac only) bisa pake layer mask masbro... ndak tau kalo photoshop.
    jadi nggak selective buat diilangin, tapi pake brush buat ngewarnain sesuai latarnya.
    1. duplicate layer
    2. desaturate layer yg baru saja diduplicate
    3. create layer mask on layer @1
    4. trus oles2 pake brush bagian yg mo diwarnain sesuai background.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nice tips mas bro. saya gak pake mac sih, lom kebeli >,<
      memang di potosop banyak yang bilang pake layer mask, cuma ilmu belum sampe nih
      :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...