December 3, 2011

Olympus PEN Series, Kamera Mirror-Less Yang Bikin Ngencess 0,o

Saya lagi ngidam!
Oke, alhamdulillah karena waktu pipis terkadang masih bisa sambil berdiri, jadi hal diatas itu cuma hiperbola aja. Tapi serius, belakangan ini saya lagi tertarik banget sama 3 hal. Yang pertama beli BB, kedua upgrade komputer, dan ketiga ngences sama kamera Olympus dengan keluarga EPL nya itu.
Olympus PEN. Keren, tapi bukan buat nulis!!
Buat yang belum tau, Olympus EPL itu bukan sponsor English Premiere League yah. Ada yang bilang kamera ini tuh kamera 3/4, ada juga yang bilang PEN, ada juga yang nyebutnya mirror-less. Mungkin karena gak ada cermin reflektor (namanya apasih?) didepan sensor kameranya. Jadi sistem kerjanya kalo gak salah sih, lensa - langsung ke sensor. Sekilas jadi mirip kamera digital biasa yah?

Kalo soal kinerja, kamera ini sih kayaknya sama aja sama DSLR. Punya beragam mode mulai dari Aperture Priority, Shutter Priority, Manual dan tentu aja bisa gonta - ganti lensa. Kalo gak salah, lensanya sama dengan DSLR Olympus juga. Jadi bisa kamu pasangin lensa Wide, Tele ato fish-eye sekalipun. Yah, dengan ukurannya yang segede poket (kalo lensanya dicopotin), ini kamera punya kemampuan yang bisa dipake kemana-kemana. Singkatnya, kecil, ringkas dan serbaguna.
Cantik kan?? Kameranya yah, fokus donk!!
Nah, yang namanya 'dipermudah' tentu ada kompensasi yang dikurangin. Katanya sih untuk kualitas bla bla bla yang berhubungan sama ilmu fotografi, jadi agak berkurang. Makanya, menurut hemat saya, buat fotografer yang bertujuan membuat karya cipta, kamera sejenis ini kayaknya gak cocok deh. Kamera ini lebih cocok buat yang suka moto + traveling, tapi males bawa kamera segede anak rusa.
Keluarga Olympus PEN
Karena berbagai keunggulan diatas, Olympus PEN EPL series ini bikin saya ngences abis-abisan. Sayang aja, ini kamera harganya 2 bulan penghasilan saya. Itupun udah disambi ngirit makan rumput. Belom kesampean beli seri 1 ato 2, eh udah keluar Olympus EPL-3 dan EPM-1. Arrgghh....sumpah ngiler lewat idung nih ~,~



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...