December 27, 2011

Festival Krakatau 2011, Sebuah Inovasi Pariwisata Lampung

Festival Krakatau merupakan salah satu event tahunan yang diselenggarakan di Propinsi Lampung. Kalau saya nggak salah, Festival Krakatau itu digelar dalam rangka memperingati hari jadi Propinsi Lampung. Tak heran, selain menjadi salah satu event pariwisata, pada event ini juga setiap ornamen di Propini Lampung tumpah ruah untuk menunjukkan keunggulan bidang dan daerah mereka.

Tapi ada yang sedikit 'membosankan' untuk saya secara pribadi, dan mungkin sebagian orang. Selama bertahun-tahun, Festival Krakatau seperti acara monoton yang berulang-ulang. Entah saya yang kurang gaul, atau memang seperti itu, tapi Festival Krakatau gregetnya kurang dirasakan masyarakat Lampung sendiri. Khususnya buat rakyat kecil yang 'kurang mampu' membayar tiket Tour ke Pulau Krakatau :p

Namun semua itu terbantahkan pada Festival Krakatau 2011 yang lalu. Digelar pada bulan Oktober 2011, Festival Krakatau 2011 membawa warna dan gairah baru bagi parade budaya yang 'rutin' digelar. Jika biasanya yang lewat adalah parade mobil hias yang mewakili 'Dinas dan Elemen' yang ada di Lampung, kali ini parade Budaya dan Busana lebih mengarah ke konsep Modern.

Meski saya mengakui, Lampung bukanlah hal yang pertama melakukan parade budaya modern seperti ini, namun apa yang dilakukan pihak penyelenggara Festival Krakatau 2011 adalah hal yang membanggakan. Lihat saja bagaimana Jember mengangkat nama kotanya dengan acara serupa yang lebih dulu mendunia. Lalu diikuti beberapa kota di Jawa lainnya. Tak salah jika sekarang, Lampung punya cerita.


Sejujurnya, saya sendiri tidak datang dan menyaksikan Parade Budaya Festival Krakatau 2011 kemarin. Mindset bahwa 'pawai' yang digelar gitu-gitu aja, membuat saya memutuskan pulang seminggu kemudian saja. Ternyata, parade yang digelar keren banget. Saya nyesel banget, dan memutuskan untuk tahun depan saya harus menyusun jadwal mudik di sekitar tanggal Parade Budaya Festival Krakatau 2012.

Semoga kedepannya, event Festival Krakatau ini bisa menjadi magnet bagi turis untuk berkunjung ke Propinsi Lampung. Baik itu turis lokal, maupun turis asing. Biar pariwisata Lampung bisa maju dan berkembang, sehingga akses ke Lampung semakin mudah pula :D



note : semua foto disini adalah jepretan teman saya, Wisnu Titot. Dipajang dengan izin dan persetujuan yang bersangkutan :D


Jangan  Lupa Follow Twitter Saya @PhotoFreaks

1 comment:

  1. evennya keren.. jadi pengen nonton langsung... tapi ga punya duit buat ke lampung,,, hahah

    jangan lupa juga ninggalin jejak di :
    http://ariefungu.blogspot.com/2011/12/merevisi-uud-1945-mengenai-kewenangan.html

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...