March 21, 2011

Review Lensa Tele Canon 70-200 F4 L IS USM

LensaGaul - Salah satu lensa tele unggulan dari keluarga Canon, si termos putih Canon 70-200 f/4 L IS USM saya gunakan sekitar 2 tahun yang lalu. Kala itu saya masih berkeluarga dengan Canon EOS 450D.

Secara fisik, Canon 70-200 f/4 L IS USM ini terlihat eye-catching. Berukuran standar, tidak terlalu besar, namun solid. Warna putih gading yang dominan pada lensa ini, terlihat manis dibalut gelang merah ciri khas lensa 'kelas atas' Canon.
Karet zooming lensa ini ringan namun tidak loss. Jadi masih nyaman ketika diputar-putar.

Focal length (FL) lensa yang bermain di sekitaran 70-200 juga asik untuk memfoto model ataupun candid. F nya yang statis di f/4 juga membantu ketika candid hinggal FL 200. Memiliki AF yang cepat, lensa ini juga didukung oleh IS yang sangat membantu. Saya pernah mencoba speed hingga 1/20 untul FL 200, dan IS terbukti meredam tremor yang terjadi.

USM (ultra sonic motor) yang diusung juga membuat lensa tele dari Canon tidak memliki bagian maju mundur. Membuat body lensa menjadi lebih solid, dan tidak rentan kemasukan debu di sela-sela zooming.
Hasil Lensa Canon 70-200 f4 L IS USM
Bokeh yang dimiliki lensa ini menurut saya bagus. Saya bingung untuk menyebut bokeh dengan padanan kata apa. Bisa dibilang creamy, tapi saya lebih suka menyebutnya "bunder-bunder". Kekurangannya buat saya, suara IS nya terkadang bikin kaget. Meski tidak ekstreem, tapi buat yang belum pernah akan merasa kalau lensa ini rusak. Ya, ada seperti "putaran" didalam lensa ini. Itu hanyalah IS yang bekerja.

Overall, lensa ini bisa dibilang sangat baik. Sayang, buat low budget photographer, lensa ini akan ada di kelas 7 juta keatas. hmm...tapi tidak tau ya kalau sekarang. Apa sudah turun?
^^

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...