March 31, 2011

Slow Speed Di Pedalaman Hutan Borneo (Part II)

Mari kita menyambung postingan dari sebelumnya, Slow Speed Di Pedalaman Hutan Borneo (Part I)

Sampai di titik perhentian terakhir, maka itu adalah penghabisan jalan yang layak dilalui motor. Dan hal pertama yang dilakukan adalah lirik kiri kanan....oh, sungai!! Dan kami semua lari kesungai dengan semangat. Dingin nya air sungai pegunungan yang jernih, menyegarkan kami untuk merendam kaki yang mulai letih. Gw yang udah berubah warna jadi putih kebiruan, langsung cuci muka, basah kepala dan berniat minum. Tapi hal itu gw urungkan setelah gw nengok kebelakang, dan temen gw lagi kencing dengan biadab.

Perjalanan dilanjutkan. Motor kami tinggal di pemukiman warga, dan jalan setapak kurang lebih setengah meter dengan bukit tinggi di kiri dan jurang curam dikanan sudah menanti. Suasana hening khas dalam hutan, udara segar dan nyanyian deru sungai di dasar jurang membuat gw tambah siwer. Argh...gw nyasar dimana ini -__-"

Jalan naik turun kurang lebih 1 jam, akhirnya kami sampai di atas. Gw tengok kanan, tengok kiri, "inih kanan jurang kiri gunung, mana aer terjunnya???!!".

Seharusnya gw gak nanya itu, karena langsung dijawab, "okeh kita turun."

Meski gw sempet mo bilang "lift nya dimana?", hal itu gw urungkan. Dan dengan kepasrahan yang udah gak mungkin mau balik lagi, gw serta yang lain turun menyusuri jurang. Lumayan curam, becek....ya luw bayangin aja hutan itu gimana -___-"

Setelah sampe di dasar jurang, sungai deras dan jernih menanti. Gw lagi2 celingak celinguk liat kanan kiri...dan gak ada aer terjun. Gw gak mau nanya lagi. Dan salah satu pemandu udah nyiap2in tali. Perasaan mulai gak enak. Dan bener aja....kita akan melawan arus sungai. Kacrut...

Kurang lebih 200meter menyusuri sungai, lompat batu dan kepeleset, akhirnya gw sampe di air terjun 7 tingkat. Dan well...gw harus mengakui itu aer terjun sumpah keren banget. Sayang, tenaga tersisa harus gw simpen buat pulang. Gak sanggup naek sampe aer terjun paling atas. Cuma sampe tingkat 2 aja. Sumpah, keren. Subhanallah.

Ngomong2 soal itu tujuh tingkat, boro2 mo manjat sampe tingkat 7. Lah buat moto aja mood dah ilang. Perut laper, kaki gemeter, pala pusing, kecapekan. Yah, gw udah gak sanggup moto lagi. Moment keren banget, alam yang menakjubkan, dan gw cuma duduk didepan aer terjun sambil menikmati percikan air yang menyejukkan.
Perjalanan melelahkan, dan inilah foto
yang diambil dengan sisa2 tenaga yang ada
Kurang lebih 3 jam disana, akhirnya pulang. Menempuh jalan berangkat tadi. Sumpah....rasanya pengen gelar tenda dan tidur di tengah jalan. Arungi sungai, manjat tebing, jalan kaki ke tempat penitipan motor. Sampe tempat penitipan, langsung lari ke sungai, buka baju dan nyebur.

Meski melelahkan, capek, tapi pemandangan di pedalaman borneo sangat keren. Di tengah teriknya matahari, udara masih sangat sejuk. Air jernih dan dingin. Kalo gak mesti naek motor dan menempuh 2 jam perjalanan lagi, menemui tanjakan dan turunan terkutuk itu, mungkin gw akan berendem berlama2 di sungai itu.

Di tengah hutan bumi borneo, semakin nyatalah kebesaran Tuhan. Mengapa manusia gak pernah bersyukur, dan selalu merusak alam?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...