March 31, 2011

Slow Speed Di Pedalaman Hutan Borneo (Part I)

Lama gak moto ngebuat otak gw buntu. Selain kenyataan bahwa "entahkenapasayagakpinterpinterjugamoto", kesibukan ngebuat gw males untuk hunting2. Jadi ya, kamera lebih sering jadi penghuni tetap dry box. Seandainya ada model khilaf terus sms, "eh moto saya yuk", pasti gw gak males moto dan maenin itu model kamera.

Sampai akhirnya Jum'at 25 Maret kemaren, seorang teman sms ngajak hunting landscape pada hari minggu nanti, 27 Maret.
Kebutaan gw tentang landscape bumi kalimantan a.k.a borneo langsung membuat gw langsung bales itu sms dengan jawaban singkat, "Okeh!!", tanpa pikir panjang.

Minggu pagi, kami bertujuh ditambah seorang paman langsung menuju lokasi yang menjadi target hunting landscape saat itu. Perjalanan diawali dengan ketawa ketiwi dan becandaan, dan bener2 gak beranggapan akan menemui masalah yang berarti. It's just a simple hunting anyway.

Masalah pertama ketika ketemu tanjakan jalan tanah merah nyaris 50derajat...atau bahkan lebih?
Sumpah, ngeliat itu rasanya gw pengen menc**t lewat idung. Tapi dengan semangat 45, ditambah dorongan semangat dari paman yang sudah sering lewat jalan itu "cuma ini aja kok yang susah, di depan nanti dah biasa aja", maka kami memaksakan lewat jalan itu.

Jadilah tragedi dimulai. Jalan becek + tanah merah + nanjak 50derajat + dorong motor = dengkul copot + paru2 mo lompat. Gw rasa mo mati di tempat -___-"

Gak sampe disitu doank, itu jalanan yang begitu (miring 50derajat) emang gak ada lagi, tapi yang lebih panjang dan becek ada banyak. Oh my goat, rasanya gw pengen makan kamera saat itu juga. Beberapa kali kami menyempatkan untuk berhenti dan menegur warga pedalaman setempat serta bercanda dengan babi piaraan mereka.

Gak lupa juga saya minum air langsung dari mata air gunung. Sebenernya kepaksa sih, situasi yang unpredictable ngebuat saya keabisan minum sebelum separoh perjalanan. Ditambah napas udah abis, dengkul gemeteran, rasanya pengen mandi disitu. Sumpah...aernya seger banget!!
Suku dayak kundan pegunungan meratus
Foto ini diambil dengan sisa tenaga dan lutut gemeteran
Anyway, setelah berkilo-kilo jalan becek, berulang kali dorong motor dan ngap-ngap napas senen kamis, akhirnya kami sampe di tempat peristirahatan. Sebenernya bukan tempat istirahat juga, tapi itu tempat naruh motor doank, karena selanjutnya adalah....jalan kaki. Arrggghhh,,,,,

Inilah situasi dimana mo balik udah tanggung, mo maju gak tau endingnya dimana. Dilema berkepanjangan, akhirnya gw memutuskan untuk maju terus, udah kepalang tanggung. Meski muka biru darah ilang, dan dengkul gemeteran, langkah sudah terayun. Heart of borneo, here i come....

(bersambung ke Slow speed di pedalaman Borneo part II yah 0,o)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...