March 14, 2011

Mengenal Fitur Pada Kamera Handphone

LensaGaul - Beberapa waktu yang lalu, saya menulis tentang fotografi murah dengan kamera handphone dan tips foto dengan kamera handphone. Melanjutkan postingan itu, dan atas request orang yang sukses kesasar kesini, maka saya akan mencoba mengenalkan fitur yang umumnya ada di kamera handphone. 

Tulisan ini dan fitur yang ada disini, saya ambil dari handphone jadul saya, SE P1i dan N5320. Kalau ada fitur di kamera handphone anda yang tidak dikenalkan disini, tinggalkan komentar saja ^^

Shoot Mode
Maksudnya disini adalah, ingin mengambil gambar yang bagaimana. Still shoot untuk 1 kali jepretan, burst untuk beberapa kali jepret, atau dibeberapa handphone ada mode panorama yang berarti mengambil beberapa foto untuk kemudian di gabung menjadi 1.
Ada juga night mode/night scene. Kalau ini fungsinya sudah jelas, untuk mengambil foto pada malam hari.


Macro Mode
Fitur ini digunakan ketika anda ingin mengambil gambar secara dekat / close up. Misal ingin mengambil foto bunga yang sedang berembun, atau foto capung dari dekat. Dengan macro mode, maka kamera handphone akan dapat melakukan auto focus dengan jarak yang lebih dekat ke objek.

White Balance
White balance (wb) ini agak rumit kalau mau dijelasin. Intinya, ini adalah setingan bagaimana kamera menyesuaikan dengan pencahayaan sekitar. Misal saat suasana siang normal, gunakan daylight, atau cloudy untuk saat berawan. Tapi buat saya hal ini tidak mutlak, cobalah bereksperimen dengan wb, dan hasilkan sesuatu yang berbeda.

Quality
Ini adalah setingan untuk kualitas gambar yang dihasilkan. Biasanya ditunjukkan dengan mega pixel (mp) yang berpengaruh dengan ukuran besaran gambar, atau dengan fine/normal yang berpengaruh pada kualitas gambar. Pilihan fine akan menghasilkan foto yang lebih halus, namun dengan ukuran file yang lebih besar.

Hmm...sepertinya cuma itu fitur yang ada di kamera handphone saya yang perlu diperhatikan. Kalau penjelasan mengenai zoom, brightness, flash dan mega pixel sepertinya tidak perlu. Saya yakin teman-teman sudah tau mengenai hal tersebut.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...