March 9, 2011

Tips Fotografi Dengan Kamera Handphone

LensaGaul - Beberapa hari yang lalu, saya menulis bahwa fotografi itu gak harus mahal. Fotografi dengan kamera handphone pun bisa menjadi solusi, dan dapat pula menghasilkan foto yang baik. Itu semua tergantung dengan bagaimana kita menerapkannya.

Meskipun saya sendiri n00b dan tidak mahir di dunia fotografi, saya akan mencoba berbagi tips dan saran agar foto yang dihasilkan dengan handphone itu dapat pula dinikmati. Berikut tips fotografi dengan kamera handphone ala LensaGaul ;

Tips Pertama : Handphone Anda Harus Berkamera
........kayaknya kalo yang ini gak perlu penjelasan ya??
Sebenarnya banyak handphone dengan fitur kamera yang super wah wah, tapi itu bukan keharusan. Asal ada kameranya, berarti bisa mengambil foto kan?


Tips Kedua : Pahamilah Teori Pencahayaan
Semua jenis fotografi sangat tergantung dengan cahaya, karena teorinya fotografi itu kan melukis dengan cahaya. Cobalah ketahui, bagaimana cahaya yang baik untuk mengambil gambar, yang lembut, yang keras, blablablabla

Tips Ketiga : Belajar Teori Komposisi
Ini penting. Dan tolong, anda jangan belajar terigu sekian kilo, gula sekian gram dll. Kita mau bikin foto, bukan bikin bolu yah.
Komposisi yang baik, akan memberi kekuatan tersendiri pada sebuah foto. Foto yang simpel sekalipun, kalau memiliki komposisi yang pas, akan terlihat sangat menawan.

Foto dari Handphone dengan komposisi ciamik - @hanung665

Tips Keempat : Belajar Sedikit Tentang Program Olah Foto
Nah, kalo yang ini gak keharusan sih. Cuma semacam suplemen agar anda bisa memberikan sentuhan olah digital pada foto yang anda buat.
Olah digital gak mesti yang ribet sampe orang bisa terbang ato kebakar-bakar api. Saya sendiri untuk olah digital terbatas pada cropping, atau main dengan tonal foto.

Nah, sementara itu dulu yang saya tau tentang tips fotografi dengan kamera handphone. Mungkin nanti ada part 2 nya. Kalau teman-teman ingin menambahkan, bisa dituliskan di kolom komentar, nanti saya tambahkan disini.



4 comments:

  1. weww.. tema yang diangkat keren.

    usul donk (nanggepin paragraf trakhir nehhh) :)
    pengen info lebih detail tentang fitur2 dari kamera hp yang bisa di maksimalkan, apa aja gitu,. tapi jangan pake sampel hp yang aneh2 bin mahal,.soalnya kamera hapeku juga biasa ajah.
    hehe..

    nice blog :)

    ReplyDelete
  2. iyah.... kalo ada fitur kameranya juga bisa manteb tuh :D

    ReplyDelete
  3. wah...kalo masalah fitur kamera, itu kan beda2. jadi gimana maksimalkannya ya -____-"

    nanti, saya pikir2 dulu. tunggu tulisan berkutnya
    :D

    ReplyDelete
  4. Klo saya sih krg memakai cara begituan, dasar gak bakat kali ya... jadi asal jeprat jepret gitu... maklumlah jarang poto2. tampang pas2an siiih.. hahaha..:D

    Nice post, semoga berguna bagi saya dan teman2..
    salam kenal..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...